Jumat, 17 Desember 2010

Prosesi Adat : Yes, We are The Javanese..!!!

Setelah selesai akad nikah, acara disambung dengan prosesi-prosesi adat Jawa. Judulnya sih turut melestarikan budaya bangsa..hehehe..padahal saya sendiri enggak tau makna-maknanya tuh apa aja, cuma ngikutin perintah doang..*blushing*

Pertama-tama saya dan sang suami ( belum biasa manggil iniii..hihihi.. ) berdiri berhadap-hadapan, dibekali 'senjata' 3 batang..errr..*apa ya? sirih kalo gak salah* dan disuruh timpuk-timpukan. Wah ini asik banget, uda lama pengen nimpuk sang suami soalnya *dendam kesumat..;P*

Terlihat Siapa yang Lebih Semangat Nimpuk..;D

Kelar timpuk-timpukan, dilanjutkan dengan prosesi injak telor, katanya sih sebagai tanda bakti seorang istri terhadap suaminya. Heummm..agak penuh perjuangan untuk bisa ngelakuin prosesi ini sebenarnya, karna sebelum-sebelumnya sang suami ngotot enggak mau. Kata sang suami, "buang-buang makanan aja sih telor pake diinjek-injek???" tapi akhirnya sang suami menyerah juga..*senyum puas*

Istri Berbakti..*Prettt*

Setelahnya saya dan sang suami dibimbing sang bokap menuju pelaminan untuk prosesi berikutnya.


Sang Bokap Terlihat Lebih Grogi Dibanding Pengantinnya..;)

Sesampainya di pelaminan, saya dan sang suami disuruh duduk di pangkuan sang bokap, masing-masing di paha kanan dan kiri. Sang nyokap lalu bertanya dalam bahasa Jawa, yang kalo ditranslate ke bahasa indonesia kira2 "beratan mana pa?" dan dijawab oleh sang bokap "sama aja" *wahhh..penghinaan bwat saya..!!!;P* yang maknanya nanti perlakuan ke saya sebagai anak dan ke sang suami sebagai menantu harus adil, tidak berat sebelah.

Sang Bokap Ampe Gak Keliatan Sama Sekali..

Next, suap-suapan..!!! Horeee..tau aja pengantinnya laperrr..hehehe..makanannya berupa nasi kuning yang uda dibentuk jadi bola-bola kecil biar lebih gampang dimasukin ke mulut. Sayangnya cuma boleh makan bola-bola itu aja, padahal sih kalo disuruh ngabisin semua juga abis-abis aja tuhhh..*pengantin maruk*

Pengantin Bermuka Lapar

Dilanjutkan dengan kacar-kucur, yaitu sang suami menuangkan isi kantung berupa uang logam dan saya menampung dengan kantung lain serta menjaga agar tidak tumpah. Maknanya sih kurang lebih suami bertugas mencari rezeki untuk rumah tangga dan istri bertugas menjaga serta  mengelolanya. *your money is my money and my money is my money??? bhuehehe..;D*

It's All About The Money..Dududum Dududum Dumdum..*singing*

Ditutup dengan..sungkemannn..tapi karna hari sebelumnya saya uda sungkeman dengan orang tua saya jadinya enggak ada acara mewek-mewekan lagi dehhh..hehehe..lagian saya uda 'diancem' ama periasnya sepanjang hari enggak boleh ada nangis-nangisan, nanti mukanya belepotan..!!! Baeklahhh..


Kurang lebih kira-kira itulah prosesi-prosesi adat yang saya lakukan. Mungkin ada yang menganggapnya ribet, tapi percaya deh semuanya seruuu..hehehe..Kapan lagi kan? ;)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar