Senin, 13 Desember 2010

Siraman dan Midodareni : Selangkah Sebelum Memasuki Hari-H

Yak, akhirnya rangkaian prosesi menuju hari-H dimulaiii..!!! *pukul gong* ;P

Jumat, tanggal 21 Mei 2010 acara dimulai dengan pengajian dan siraman. Malam sebelumnya, rumah uda rame banget dengan tenda-tenda dan tempat 'eksekusi' siraman uda bertengger cantik di sudut halaman.


Acara dimulai sekitar jam 1 siang, setelah sholat Jumat. Semua persiapan untuk pengajian dan siraman dibantu banget sama bapak-bapak dan ibu-ibu tetangga sekitar rumah ( big thanks! ) sementara saya sebagai pemeran utama wanita mendekam di kamar untuk ganti baju dengan 'baju kebesaran' siraman.


Kostum Siraman Minus Rangkaian Melati

Acara diawali dengan pengajian, lalu disambung oleh upacara-upacara adat. Ada pemasangan bleketepe di depan rumah oleh sang bokap ( katanya sih tanda yang punya rumah sedang ada hajat ), sungkeman ke orang tua ( the hardest part, bikin saya mewek enggak berenti-berenti ) dan langkahan ( soalnya saya 'melangkahi' kakak laki-laki saya ). Terakhir baru deh acara siraman. Kalo enggak salah sih makna siraman ini untuk 'membersihkan diri' sebelum memasuki kehidupan yang baru..;)

Saya sedang 'disiram' Sang Bokap

Rasanya siraman? Kayak lagi dimandiin tapi banyak banget yang nonton..hehehe..dan yang pasti dinginnn..;D tapi saya emang pengen banget ngalamin yang namanya siraman dari dulu, soalnya kapan lagi? ( Insya Allah ) kan seumur hidup sekali..

Malamnya acara dilanjutkan dengan midodareni. Enggak terlalu tau juga maknanya apa, pokoknya sang pacar dan keluarganya dateng ke rumah ( tapi saya enggak boleh ketemu ) dan bawain seserahan ( yeyyy..*big grin* ). Ini dia hasil 'upeti' malam itu..


Seserahan dari Sang Pacar

Seserahannya ada paket alat-alat mandi, paket underwear dan lingerie, paket make up dan hair do ( alat catok+pengeriting ), dll ditambah buah-buahan dan kue-kuean dari dapur coklat. Lumayannn..*wink2*

Untuk midodareni ini biarpun enggak diliat sama sang pacar tapi saya didandanin juga..hehehe..Mulai dipaes tapi enggak sampe dikerik-kerik rambutnya. Agak merasa aneh sebenarnya, baru pertama kali sih..


Untuk kebayanya saya bikin di QZM Sunan Giri juga, barengan sama kebaya-kebayanya sang nyokap, sang kakak dan sang adik. Perias untuk hari ini ( termasuk waktu acara siangnya ) dari salon Esty, kebetulan yang punya temennya nyokap, tante Jenny. Overall acaranya lancar jaya ( sepenglihatan saya yang lebih banyak mengintip dari jendela karna enggak boleh keluar kamar lhooo.. )

Setelah semua acara hari ini selesai, menjelang tidur, saya enggak bisa merem inget besoknya 'The Big Day'. Semua bakal berubah dan status saya pun akan ikutan berubah..

1 komentar:

  1. Haloo, aku mau bagi pengalaman pernikahan kakakku. Jadi waktu itu kakakku dan pasangannya sibuk kerja kan jadi memang susah untuk ngurusin sendiri, nah karena kakakku nyari tempat pernikahan yang memang aksesnya mudah jadi dia nyari yang tengah2 dan ga terlalu macet. Akhirnya kakakku mutusin buat nikah di Elnusa, letaknya kalau ga salah di Tb.Simatupang deket Citos. Nah disana ternyata sudah ada paketan weddingnya juga dan sudah ada WOnya. Waktu itu kakakku dibantu sama Kak Ali, nah disana bener2 dibantuin dari awal sampe akhiir. Walaupun kakakku dan pasangannya sibuk kerja tapi urusan pernikahannya ga sampai keteteran karena bener2 dibantuin. Jadi disana itu udah semua2nya diurusin, kakakku tinggal ngurusin souvernir dan undangan aja. Bahkan ada Wedding Plannernya gitu yang mengatur jadwal kakakku untuk visit2 vendor dan testfood, jadi bener2 bikin kakakku ga pusing mikirin pernikahannya. Dari awal kakakku persiapan acara sampai akhir acara bener2 ga dilepas sama WOnya, dan hal itu ngebuat mamahku ga terlalu banyak ikut campur. Jujur Pelayanannya bener2 bagus, walaupun kakakku dan pasangannya kadang suka banyak maunya tapi tuh kayak diturutin terus gituu. Alhamdulillah keluargaku dan kakakku puas sih nikah di HIS Graha Elnusa. Kalo kalian berminat aku ada nih kontaknya yang waktu itu bantuin kakakku, namanya Kak Ali, nomornya 087884761964. Semoga bisa membantu kaliaan

    BalasHapus